Home / in-Food / Gurihnya Keripik Sanjai Khas Bukittinggi
Gurihnya Keripik Sanjai Khas Bukittinggi

Gurihnya Keripik Sanjai Khas Bukittinggi

Bukittinggi berada pada rangkaian bukit barisan yang indah. Dengan sebutan Fort de Kock pada masa penjajahan Belanda memiliki sejarah yang terkait secara langsung terhadap masa penjajahan Indonesia. Pernah menjadi Ibukota sementara saat pemerintahan darurat, menjadi kota perjuangan, serta tersimpan beberapa hal yang menjadi bahan cerita tentang kota yang berhawa sejuk di Sumatera Barat. Selain itu, ada salah satu makanan yang menjadi identitas masyarakat Sumatera Barat, terutama Bukittinggi. Yaitu Keripik Sanjai.

Keripik Sanjai, atau masyarakat Minang menyebutnya dengan Karupuak Sanjai adalah kerupuk yang terbuat dari singkong. Di buat dengan cara di parut agak tipis, di goreng, lalu diberikan garam dan bumbu tambahan lainnya untuk menjadikannya lebih renyah dan nikmat. Terkadang banyak yang merasa bingung terhadap penyebutan keripik sanjai, karupuak sanjai, dan keripik balado. Sebenarnya semua itu sama-sama terbuat dari singkong yang di parut tipis, yang membedakan adalah jenis bumbu dan rasanya.

Keripik Sanjai terdiri dari 3 jenis. Yaitu keripik sanjai tawar, dimana hanya menggunakan bumbu garam. Keripik sanjai saka, menggunakan bumbu gula merah sehingga memiliki rasa agak manis, dan satu lagi adalah keripik sanjai balado atau biasa di sebut keripik balado, yaitu keripik singkong yang telah diberikan bumbu balado. Setiap toko yang menjual akan memiliki rasa yang berbeda-beda, karena mereka biasanya memproduksi sendiri yang pastinya bumbu rahasia yang digunakan akan berbeda-beda.

Siapapun yang berkunjung ke Sumatera Barat pasti menjadikan keripik sanjai sebagai oleh-oleh. Harganya yang terjangkau, mudah ditemukan, dan pastinya karena rasanya yang gurih.

Gurihnya Keripik Sanjai Khas Bukittinggi - jam gadang bukittinggi

Asal usul Keripik Sanjai

Tidak diketahui secara pasti mengenai asal usul mengenai kuliner khas Bukittinggi ini. Tapi awalnya yang diperkirakan mulai di produksi sejak tahun 1970an, keripik sanjai hanya di buat di Jl.Sanjai yang berada di bagian utara Kota Bukittinggi. Dan saat itu hanya ada tiga orang nenek yang menjual keripik sanjai di kawasan Pasar Atas, Bukittinggi. Namun seiring kesuksesan mereka, banyak orang yang pada akhirnya mengikuti jejak mereka untuk membuat dan menjual keripik sanjai.

Ketersediaan mendapatkan bahan mentah untuk membuat keripik sanjai, membuat makanan khas ini sangat mudah ditemukan, bahkan anda bisa menemukannya di sepanjang perjalanan Bukittinggi. Baik itu menuju arah ke Payakumbuh ataupun ke arah Kota Padang.

Makanan Khas Sumatera Barat Selain Keripik Sanjai

Sebenarnya, walaupun Sumatera Barat indentik dengan keripik sanjai, tapi masih banyak beberapa makanan khas yang bersifat tradisional lainnya yang ada. Jika anda berkunjung ke Sumatera Barat, selain keripik sanjai anda juga bisa memilih rendang, galamai, keripik balado, rakik maco, atau ikan bilih. Tidak sulit untuk menemukannya, karena biasanya toko-toko yang terdapat di pinggir jalan, jika menjual keripik sanjai, maka disana juga akan menjual makanan lain seperti yang disebutkan di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *