Home / in-Food / Menikmati Lezatnya Sate Tuhuk Khas Krui
Menikmati Lezatnya Sate Tuhuk Khas Krui II

Menikmati Lezatnya Sate Tuhuk Khas Krui

Ikan Tuhuk, mendengar nama tersebut mungkin agak aneh di telinga. Tapi itu tidak bagi anda yang pernah berkunjung ke daerah bagian utara dari provinsi Lampung, atau lebih tepatnya Krui. Kabupaten yang berdekatan dengan sumber gempa dahsyat yang terjadi beberapa tahun yang lalu ini memiliki makanan khas yang terbuat dari ikan tuhuk, atau lebih di kenal dengan blue marlin. Ya, ikan yang memiliki moncong tajam dan suka melompat di atas perairan ini cukup melimpah di Krui. Wajar bila ikan blue marlin menjadi ikon kabupaten Krui, karena blue marlin menjadi salah satu kekayaan laut yang menjadi primadona.

Ikan Tuhuk atau ikan blue marlin menjadi santapan khas dan favorit warga setempat. Dengan tekstur daging yang lembut dan memiliki rasa agak manis, menjadikan ikan tuhuk pantas jika memiliki rasa yang diibaratkan seperti daging ayam.

Satu hal yang tidak boleh terlewatkan jika anda mengunjungi Krui, yaitu mencoba sate ikan blue marlin. Untuk mencapai Krui dari Bandarlampung memang masih sangat jauh, akan memakan waktu 5-6 jam. Tapi jika kebetulan melewatinya dan bertemu dengan patung ikan blue marlin saat perjalanan, sebaiknya sempatkan untuk beristirahat sejenak sambil mencicipi legitnya sate ikan blue marlin.

Meskipun untuk mendapatkan ikan blue marlin di laut lepas sangatlah sulit, tapi harga yang di patok terhadap makanan khas Krui tergolong relatif murah. Berkisar Rp.1500 s/d Rp.2000 per tusuknya. Tergantung isi setiap tusuk dan besar dagingnya. Kemudian anda juga dapat memesan jenis bumbu yang digunakan, apakah anda suka dengan bumbu kacang atau kecap. Selain itu, beberapa menu tambahan lainnya dari ikan blue marlin yang bisa anda pilih adalah di gulai atau di goreng.

Menikmati Lezatnya Sate Tuhuk Khas Krui I

Kelebihan dari sate ikan Tuhuk atau Blue Marlin adalah dari rasanya yang sangat berkarakter. Berbeda dengan rasa ikan lainnya, anda akan mendapatkan rasa yang jauh berbeda, apalagi jika disajikan dengan cara di sate dan ikan yang digunakan benar-benar dalam kondisi segar. Karakter yang lebih kenyal, padat dan tidak mudah pecah, maka dari itu daging ikan blue marlin dapat di olah menjadi sate. Banyak para pengunjung yang berasal dari luar kota menyempatkan diri untuk kembali lagi menikmati sate tuhuk.

Keunikan lainnya dari daerah Krui yang menyandang kabupaten termuda di Lampung ini adalah pemandangan pantai yang indah. Sepanjang perjalanan anda akan ditemani hembusan angin laut dan deburan ombak yang akan membuat mata dan otak menjadi lebih segar. Misalnya seperti Pantai Tanjung Setia. Karakter ombaknya yang besar dan panjang, menjadikan para wisatawan asing yang menjadikan Pantai Tanjung Setia sebagai lokasi favorit untuk berselancar. Tidak perlu khawatir jika anda ingin bermalam di Krui, karena saat ini sudah banyak hotel atau penginapan yang tersedia disana.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *