Home / in-Food / Yuk Kita Mengenal 5 Makanan Khas Daerah Bengkulu
Bengkulu_coa

Yuk Kita Mengenal 5 Makanan Khas Daerah Bengkulu

Bengkulu yang berada pada bagian Barat Daya pulau Sumatera ini banyak sekali menyimpan sejarah. Jejak-jejak penjajahan Inggris dan Belanda serta beberapa kerajaan etnis menjadikan provinsi Bengkulu banyak menyimpan peninggalan sejarah serta cerita lainnya mengenai uniknya kebudayaan setempat. Provinsi yang terdiri dari 10 kabupaten ini tidak berbeda dengan daerah lainnya di Indonesia, selain kaya akan sejarah dan budaya, Bengkulu juga memiliki beberapa makanan khas yang unik dan lezat untuk dicicipi.

Makanan Khas Masyarakat Bengkulu

  1. Pendap

Yuk Kita Mengenal 5 Makanan Khas Daerah Bengkulu - pendap

Untuk mengetahui lebih jauh atau bahkan ingin mencoba makanan khas yang satu ini, anda tidak akan kesulitan untuk menemukannya disana. Bahkan makanan khas yang bernama pendap ini sudah dijadikan sebagai tema dan lagu daerah yang sudah di rilis sejak tahun 1990an. Pendap adalah pepes ikan yang di buat dari berbagai macam bumbu. Seperti cabai giling, bawang putih, kencur dan di campur secara merata dengan parutan kelapa muda. Kemudian bumbu tersebut di bungkus dalam daun talas dan dimasukkan sepotong ikan lalu di rebus selama 8 jam. Pendap memiliki rasa yang pedas dan gurih, makanan yang satu ini bisa juga dijadikan sebagai lauk pendamping nasi.

  1. Gulai Kemba’ang

Yuk Kita Mengenal 5 Makanan Khas Daerah Bengkulu - Gulai Kembaang

Gulai Kemba’ang lebih di kenal oleh masyarakat Bengkulu khususnya kabupaten Mukomuko. Makanan tradisional Gulai Kemba’ang ini lebih seperti iga sapi yang di racik menggunakan bumbu tradisional. Gulai Kemba’ang ini menjadi salah satu hidangan spesial untuk berbuka puasa dan lebaran.

  1. Tempoyak

Yuk Kita Mengenal 5 Makanan Khas Daerah Bengkulu - Tempoyak

Banyak anggapan yang mengungkapkan bahwa tempoyak bukanlah makanan khas Bengkulu. Tapi masyarakat Bengkulu sudah menjadikan tempoyak sebagai makanan khas mereka yang sudah lama ada. Tempoyak merupakan makanan yang terbuat dari durian yang telah di fermentasi, sehingga terkadang karena aromanya tersebut banyak yang kurang menyukainya. Jadi, bisa dikatakan bahwa tempoyak lebih cenderung menjadi bumbu karena hanya terdiri dari durian yang di fermentasi dan di campur menggunakan bahan makanan lainnya sebagai pelengkap.

  1. Bagar Hiu

Yuk Kita Mengenal 5 Makanan Khas Daerah Bengkulu - bagar hiu

Jika di lihat secara sepintas, bagar hiu seperti gulai biasa. Tapi makanan khas Bengkulu yang satu ini pada proses pembuatannya tidak menggunakan santan, melainkan menggunakan kelapa yang di sangrai dan di campur dengan daging ikan hiu. Jangan berharap anda dapat menemukan Bagar Hiu di Bengkulu pada hari-hari biasa, karena memang biasanya gulai Bagar Hiu ini seringkali ditemukanya hanya saat bulan puasa dan lebaran.

  1. Lema

Yuk Kita Mengenal 5 Makanan Khas Daerah Bengkulu - lema

Lema memiliki kemiripan dengan Tempoyak yang di buat dengan cara di fermentasi. Di Bengkulu sendiri, makanan khas yang satu ini hanya di kenal oleh masyarakat suku Rejang. Lema terbuat dari adonan bambu muda (rebung) yang kemudian di cincang dan di campur dengan ikan yang berjenis air tawar. Selanjutnya, adonan tersebut di simpan pada wadah yang telah di lapis daun pisang dan di tutup selama tiga hari sebagai bentuk dari proses fermentasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *