Home / in-Health / 6 Faktor Ini Sebabkan Tubuh Cepat Lelah
6 Faktor Yang Menyebabkan Tubuh Cepat Lelah

6 Faktor Ini Sebabkan Tubuh Cepat Lelah

Tingginya aktivitas membuat seseorang melupakan hal-hal yang berhubungan dengan kesehatannya. Tekanan pekerjaan, deadline yang menguras energi, hingga dalam kehidupan sehari-hari tidak mengenal kata libur dari pekerjaan. Belum lagi hal eksternal lainnya yang dapat meningkatkan kelelahan, seperti kemacetan, finansial, hingga ke permasalahan pribadi. Kelelahan menjadi sebuah bayangan yang selalu mengikuti tanpa mengenal kompromi.

Berbeda halnya dengan kondisi di atas. Tanpa diketahui alasan yang pasti, tubuh sering merasa cepat lelah. Padahal sebenarnya tidak melakukan aktivitas yang berat atau menguras banyak energi. Jika anda sering mengalami hal tersebut, coba perhatikan beberapa hal di bawah ini yang bisa menjadi pemicu tubuh menjadi cepat lelah.

  1. Kurang istirahat

Kurang tidur akan menjadikan seseorang seperti berhalusinasi. Kurangnya konsentrasi akibat tubuh yang membutuhkan istirahat menjadikan tubuh kekurangan keseimbangan. Cobalah untuk memberikan hak wajib kepada tubuh untuk istirahat, jangan paksakan jika kondisinya sudah tidak memungkinkan.

  1. Kurang olah raga

Tidak harus berolah raga yang menguras banyak energi untuk mendapatkan tubuh yang bugar. Anda bisa melakukannya dengan aktivitas kecil, seperti jalan cepat, atau jogging di sekeliling tempat tinggal anda. Dengan olah raga yang rutin, oksigen dalam tubuh akan menjadikan sirkulasi darah menjadi lebih baik.

  1. Anemia

Kekurangan sel darah merah atau di sebut dengan anemia merupakan faktor yang menjadi penyebab kebanyakan orang menjadi cepat lelah. Jumlah protein yang membawa oksigen ke sel darah merah masih berada pada level di bawah normal bisa menjadi penyebab utamanya. Tanpa disadari jika tubuh mengalami anemia, anda tidak akan pernah mendapatkan hasil yang maksimal dalam aktivitas sehari-hari. Solusinya, perbanyak konsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi, daging dan sayuran hijau.

  1. Sleep apnea

Sleep apnea merupakan sebuah gangguan sulit bernafas yang bisa terjadi berulang kali pada saat tidur. Nafas yang berhenti secara tiba-tiba saat tidur akan menyebabkan anda tersentak dan terbangun, sehingga kualitas tidur anda menjadi berkurang. Jika anda sering mengabaikan hal ini, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mencari solusi penanganan yang tepat.

  1. Gangguan jantung

Gangguan jantung bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan tubuh cepat lelah. Kalau anda sering mengalami kelelahan yang disertai sesak nafas, sebaiknya anda melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Karena rasa cepat lelah yang sering anda alami berkemungkinan disebabkan oleh gangguan jantung.

  1. Depresi

Rasa lelah yang tinggi disertai dengan kekecewaan atau kesedihan yang tidak berujung, nafsu makan hilang, tidak mendapatkan perasaan bahagia setiap hari juga akan berdampak pada kesehatan. Salah satunya bagi tubuh akan mengalami cepat lelah. Pikiran dan fisik yang terkuras akan menyebabkan kelelahan yang lebih besar daripada anda melakukan kegiatan yang menggunakan otot dan bersifat berat. Jika anda dalam kondisi depresi, jangan biarkan diri anda terus terhanyut. Cobalah untuk mencari solusi, baik melalui dokter atau terapis.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *