Home / in-Health / Cara Tradisional Mengobati Batuk Kering
Cara Tradisional Mengobati Batuk Kering

Cara Tradisional Mengobati Batuk Kering

Salah satu penyakit yang umum dan biasanya menjadi langganan adalah batuk. Tapi justru penyakit yang seringkali di anggap sepele dan ringan ini biasanya akan sangat mengganggu, apalagi jika sudah berlangsung selama berhari-hari. Rasa gatal di tenggorokan, hingga merasa nyeri di bagian dada bisa saja menjadi dampak negatif yang ditimbulkan dari batu kering. Dalam kondisi tertentu bisa menjadi sebuah pertanda dari kemunculan batuk basah atau berdahak.

4 Penyebab Batuk Kering

Berikut adalah beberapa penyebab yang bisa menjadi pemicu terjadinya batuk kering :

  1. Infeksi virus

Salah satu virus yang paling sering menyebabkan batuk kering adalah pada saat influenza. Tapi masih ada beberapa virus penyebab lainnya yang bersifat spesifik namun awalnya tetap memicu tenggorokan menjadi gatal. Virus influenza pada fase awal ataupun akhir biasanya akan menyebabkan batuk yang bersifat kering selama beberapa hari. Dan ini akan semakin terasa pada saat malam hari sehingga dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan tidur karena efek yang ditimbulkan adalah rasa gatal di bagian tenggorokan.

  1. Alergi

Beberapa alergi yang dialami oleh seseorang juga bisa menjadi penyebab batuk kering. Seperti alergi debu misalnya. Tidak jarang seseorang akan mengalami batuk-batuk selama beberapa jam ke depan, atau bahkan beberapa hari jika tingkat debu yang dirasakannya cukup tinggi.

  1. Penyempitan saluran pernafasan

Batuk yang bersifat kering jika disebabkan oleh penyempitan saluran pernafasan cenderung terjadi pada malam hari dan bersifat tiba-tiba. Hal tersebut terjadi karena adanya iritasi yang terjadi pada bagian tenggorokan, yang pada akhirnya akan bersifat spontan terjadi batuk berkelanjutan akibat rasa menggelitik di tenggorokan hingga pagi hari.

  1. Asma

Pada suatu kasus, batuk kering yang terjadi berkepanjangan bisa menjadi suatu gejala awal penyakit asma. Sebaiknya lakukan langkah secara intensif jika anda mengalami batuk kering yang berkepanjangan.

 Beberapa poin di atas merupakan penyebab batuk kering yang bersifat secara umum. Anda bisa melakukan pengamatan kembali bagaimana tingkat batuk yang anda rasakan berdasarkan frekuensi serta efek yang dirasakan oleh tubuh pada saat batuk. Anda bisa mencoba langkah awal untuk mengobati batuk kering secara alami dengan cara di bawah.

Cara alami mengobati batuk kering

– Jahe

Jahe terkenal untuk menghangatkan tubuh dan sebagai obat batuk. Sifat anti-inflamasi yang terdapat pada jahe dapat membantu meredakan batuk, terutama yang diakibatkan karena sakit tenggorokan.

– Bawang putih

Senyawa aktif yang terdapat pada bawang putih bersifat anti bakteri dan virus. Kandungan allicin pada bawang putih dapat memberikan efek tenang dan meningkatkan kekebalan tubuh.

– Berkumur dengan air garam

Garam dapat digunakan sebagai antibakteri ketika anda mengalami batuk kering. Dengan berkumur-kumur air garam, sifat antibakteri pada garam akan menekan timbulnya infeksi serta rasa sakit pada tenggorokan.

– Cuka apel

Menggunakan cuka apel yang di campur pada air hangat sangat ampuh untuk meredakan batuk. Karena salah satu manfaat cuka apel adalah untuk meredakan infeksi pada bagian tenggorokan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *