Home / in-Health / Dampak Negatif Menggunakan AC Bagi Kesehatan
Dampak negatif menggunakan AC bagi kesehatan

Dampak Negatif Menggunakan AC Bagi Kesehatan

Air Conditioner atau AC bukanlah sebuah barang mewah saat ini. Memiliki fungsi sebagai pendingin ruangan, AC menjadi sebuah cara yang dilakukan untuk bisa menciptakan sebuah ruangan menjadi lebih sejuk dan nyaman. Tingginya pertumbuhan pembangunan yang berdampak berkurangnya sirkulasi udara pada setiap ruangan menjadikan AC sebagai salah satu produk elektronik yang banyak di minati.

Kondisi cuaca yang panas menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang yang menggunakan AC. Tapi dalam penggunaannya terdapat beberapa dampak yang sebenarnya kurang menguntungkan bagi kesehatan, apalagi jika anda berlama-lama berada di ruangan ber-AC dengan suhu yang tidak sesuai dengan kondisi tubuh. Untuk lebih lengkapnya, berikut beberapa dampak negatif dari AC pada kesehatan tubuh.

Kulit Kering

Hal ini adalah dampak yang paling cepat dirasakan saat memasuki ruangan ber-AC. Selain dapat menyebabkan dehidrasi, AC juga dapat menyebabkan kulit menjadi kering yang disebabkan berkurangnya produksi cairan pada pori-pori kulit yang bermanfaat sebagai pelembab. Di tambah lagi kondisi ruangan yang sejuk dan lembab akan menyebabkan tubuh menjadi dehidrasi.

Sesak Nafas

Kandungan zat kimia formaldehida dan p-dichlorobenzene yang terdapat pada AC dapat memicu sesak nafas. Hal tersebut karena proses pernafasan yang terjadi pada tubuh sangat bergantung pada sirkulasi udara di sekitar ruangan, dan ternyata zat tersebut secara perlahan dapat memicu anda mengalami sesak nafas atau asma.

Pilek

Proses pendinginan ruangan yang dilakukan AC secara prinsipnya adalah melalui penguapan, namun hal tersebut akan mempengaruhi selaput lendir pada bagian hidung dan mulut sehingga anda mengalami flu atau pilek.

Mudah Lelah

Sirkulasi udara pada sebuah ruangan sangat penting untuk diperhatikan. Selain untuk memberikan kesempatan udara masuk pada ruangan lebih besar, oksigen juga sangat memberikan kontribusi untuk menjaga tubuh anda tetap fit. Maka dari itu, sebagian orang yang terlalu lama di dalam ruangan ber-AC dapat mengalami mual, gangguan syaraf, sakit kepala, bahkan tidak tertutup kemungkinan mengalami depresi.

Terkena Penyakit Menular

Tingginya potensi dalam penyebaran virus, bakteri dan kuman pada ruangan ber-AC semakin besar. Karena salah satu cara terbaik untuk mengurangi penyebaran berbagai penyebab penyakit tersebut adalah dengan cara menciptakan sirkulasi udara yang baik. Jadi, pada ruangan AC anda justru akan lebih mudah tertular penyakit yang disebarkan oleh orang-orang yang berada di sekeliling anda.

Nyeri Pada Bahu

Hal ini akan dapat dirasakan ketika anda bangun tidur. Dimana rasa nyeri pada bagian bahu hingga pergelangan tangan disebabkan suhu AC yang terlalu dingin. Sebelum tidur, sebaiknya anda mengatur suhu yang tepat agar tubuh tidak mengalami frozen shoulder atau nyeri pada bahu saat bangun tidur pagi hari.

Sumber Gambar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *