Home / in-Health / Ini Dia Tips Sederhana Mengatasi Jet Lag
Ini Dia Tips Sederhana Mengatasi Jet Lag

Ini Dia Tips Sederhana Mengatasi Jet Lag

Jet lag merupakan gejala mabuk yang diakibatkan setelah melakukan penerbangan ke suatu tempat yang mengalami perbedaan waktu. Tuntutan pekerjaan atau perjalanan liburan anda yang harus menempuh waktu beberapa jam di pesawat terbang selama perjalanan seringkali menimbulkan jet lag. Efek yang paling umum terjadi saat tubuh mengalami jet lag adalah seperti kelelahan, sakit kepala, pening, sembelit, diare, dan tidak tertutup kemungkinan merasakan depresi.

Ketika anda ingin melakukan penerbangan dengan jarak jauh dan mengalami perbedaan waktu pada tempat tujuan, sebaiknya memperhatikan beberapa hal  berikut mengenai cara sederhana mengatasi jet lag yang bisa diterapkan sebelum keberangkatan nanti.

  1. Beradaptasi dengan waktu daerah tujuan anda

Salah satu langkah utama yang paling sederhana dan mudah dilakukan adalah menyesuaikan waktu. Anda harus mencari beberapa informasi mengenai tempat yang akan anda tuju, dan yang terutama adalah waktu setempat. Dengan mengatur waktu, secara perlahan anda bisa mulai menyesuaikan diri sekalipun anda belum berangkat ke tempat tujuan. Perbedaan waktu yang dialami secara mendadak justru dapat menyebabkan kesulitan pada diri anda sendiri. Misalnya seperti jam tidur, makan, dan kebiasaan yang dilakukan setiap harinya. Dengan melakukan adaptasi lebih awal, anda akan memiliki kondisi yang lebih siap daripada harus menyesuaikannya secara mendadak.

  1. Cukupi kebutuhan cairan dalam tubuh

Sebelum keberangkatan pastikan tubuh anda untuk mendapatkan cukup cairan. Air putih selain bermanfaat untuk mencegah dehidrasi, juga bermanfaat untuk mempertahankan energi dalam tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya minumlah cukup air putih. Selain itu, hindari mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein dan alkohol dalam beberapa jam sebelum melakukan penerbangan.

  1. Istirahat sebelum keberangkatan

Setelah mempersiapkan barang bawaan atau hal lainnya, usahakanlah untuk menyempatkan diri beristirahat sebelum melakukan keberangkatan. Dengan begitu tubuh akan terasa lebih segar dan lebih fit untuk menempuh perjalanan sehingga akan lebih siap menghadapi hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya adalah merasakan gejala jet lag lebih awal saat penerbangan.

  1. Sebaiknya pilih penerbangan malam

Beberapa jam ke depan yang harus dilewati akan sangat membosankan dan mengakibatkan tubuh menjadi kelelahan. Untuk mengatasinya, sebaiknya anda memiliki penerbangan malam hari. Hal ini bermaksud agar anda dapat istirahat tidur selama perjalanan, sehingga anda tidak terlalu merasa bosan dan lama menunggu sampai tujuan.

  1. Jangan biarkan tubuh langsung istirahat

Sesampainya di tempat tujuan, rasa lelah adalah hal yang biasa akibat menempuh perjalanan yang panjang. Tapi janganlah untuk langsung istirahat tidur. Jika anda benar-benar merasa lelah, anda bisa melakukan beberapa cara yang bisa mengalihkan rasa kantuk anda. Seperti jalan-jalan kecil, melihat-lihat keadaan sekitar, merapikan barang bawaan anda, dsb. Hal ini bermaksud agar tubuh anda tidak kaget setelah terbangun dari istirahat karena adanya perbedaan waktu.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *