Home / in-Food / Kawan, Mulailah Mengkonsumsi Biji Kurma
Beberapa manfaat yang perlu diketahui dari Biji Kurma

Kawan, Mulailah Mengkonsumsi Biji Kurma

Di balik rasanya yang manis dan tekstur dagingnya yang lembut, buah kurma termasuk salah satu buah yang memiliki berbagai khasiat. Secara umum bisa menjadi faktor penentu utama mengapa buah kurma hingga saat ini dijadikan sebagai makanan pokok, khususnya di daerah Timur Tengah sejak ribuan tahun lalu.

Kandungan lemak, protein, serat, dan karbohidrat yang tinggi pada buah kurma tidak mengenal pantangan bagi siapapun. Kalau memang kebetulan anda sering makan buah yang diperkirakan berasal dari Teluk Persia ini, pikirkan dua kali untuk membuang bijinya setelah di makan dagingnya. karena tanpa sepengetahuan kamu, sebenarnya ada beberapa manfaat dari biji kurma yang perlu diketahui untuk kesehatan. Hhmm, jika anda suka dengan buah yang satu ini dan rutin mengkonsumsinya setiap hari. Sebaiknya kamu ketahui beberapa manfaat biji kurma untuk kesehatan :

  1. Penambah tenaga alami

Sesuai seperti buahnya yang manis dan memiliki manfaat sebagai penambah energi alami dan secara instan, serta dapat menghilangkan letih dan lesu. Ternyata pada bagian biji kurma juga memiliki khasiat yang sama. Dengan mengkonsumsi kopi yang berasal dari biji kurma ini 1 gelas setiap harinya, anda bisa mendapatkan tenaga ekstra. Seperti hasil dari sebuah penelitian yang di kutip dari Islamic Medicine, bahwa minuman kopi biji kurma dapat memberikan tenaga bagi orang yang meminumnya. Kopi yang berasal dari biji kurma ini bisa di minum oleh pria ataupun wanita.

  1. Sebagai pelembab kulit

Bukan hanya dimanfaatkan dengan cara di minum, tetapi biji kurma juga dapat digunakan sebagai lulur. Dengan cara mencampurkan bubuk biji kurma bersama madu, kemudian usapkan pada kulit hingga merata, dan lakukan pijitan ringan.

  1. Mengatasi penyakit kulit kepala

Masalah pada kulit kepala akan memberikan dampak negatif yang sangat mengganggu. Tapi, kamu bisa mencobanya menggunakan bubuk biji kurma. Biji kurma dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi kulit kepala dengan cara mencampurnya dengan minyak zaitun dan balurkan secara merata pada bagian kepala. Selain itu, hal ini juga memiliki khasiat untuk mengatasi rambut rontok.

Adapun cara mengolah biji kurma agar dapat di konsumsi adalah sebagai berikut :

Cara memanfaatkan biji kurma adalah dengan mencucinya, gunakan sikat untuk membersihkan bagian daging yang masih menempel, kemudian jemur di bawah sinar matahari hingga kering. Setelah biji kurma benar-benar dalam kondisi kering, goreng seluruh biji kurma tanpa menggunakan minyak goreng (gongseng) sampai hangus. Untuk menandakan biji kurma siap untuk digongseng, anda dapat mengangkatnya hingga mengeluarkan aroma seperti biji kopi. Kemudian, tumbuk atau bisa memanfaatkan blender untuk menghaluskan biji kurma tersebut untuk siap digunakan dengan cara menyeduhnya seperti membuat kopi.

Cara penyajian biji kurma untuk di konsumsi :

Untuk membuat secangkir kopi yang berasal dari biji kurma, biasanya akan menghabiskan sekitar 10 butir biji kurma. Rasa biji kurma jika di seduh secara murni tidaklah terlalu pahit seperti rasa yang dimiliki pada biji kopi. Namun agar anda bisa mendapatkan rasa yang lebih nikmat, sebaiknya kamu mencampurkannya dengan madu atau susu.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *