Home / in-Health / Konsumsi Makanan Ini Agar Tidur Menjadi Berkualitas
Konsumsi Makanan Ini Agar Tidur Menjadi Berkualitas

Konsumsi Makanan Ini Agar Tidur Menjadi Berkualitas

Tidur yang berkualitas saat malam hari akan menentukan keberhasilan anda untuk melakukan aktivitas keesokan harinya. Bagaimana tidak, karena tenaga dan kualitas pikiran anda sebenarnya sangat ditentukan oleh bagaimana istirahat anda tadi malam. Berbeda halnya dengan susah tidur, tapi banyak fakta yang menemukan bahwa ternyata tidur yang berkualitas tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Tanpa alasan yang jelas, mungkin kamu pernah mengalami hal ini. Jika kembali lagi terjadi, sebaiknya coba pikirkan kembali mengenai apa saja yang telah anda konsumsi pada saat sebelum istirahat. Karena ketika ingin istirahat, disarankan sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak atau garam yang tinggi. Namun, pilihlah makanan yang menumbuhkan serotonin dan melatonin di dalam otak. Dengan begitu anda dapat merasa lebih tenang dan nyaman saat tidur.

Berikut pilihan makanan agar menjadikan istrirahat menjadi berkualitas :

  1. Susu

Tingginya kandungan triptofan pada susu dapat dijadikan sebagai solusi untuk mendapatkan tidur yang berkualitas malam hari. Selain dapat meningkatkan kadar serotonin, tingginya kalsium yang terdapat pada susu juga dapat membuat triptofan di otak menjadi melatonin. Jadi, segelas susu hangat sebelum tidur akan mampu menjadikan tidur kamu lebih nyenyak saat malam.

  1. Madu

Madu adalah cairan yang dihasilkan oleh lebah dari nektar bunga. Di balik rasa manisnya yang alami, ternyata madu juga dapat dijadikan sebagai solusi untuk anda yang ingin mendapatkan tidur jadi berkualitas. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi madu dapat membantu hati menyimpan glikogen. Pada saat pasokan glikogen di hati habis, tubuh dapat memproduksi hormon stres seperti kortisol dan adrenalin yang berakibat mengganggu tidur anda saat malam hari. Maka dari itu, untuk mempertahankan glikogen tetap ada, anda bisa minum secangkir air hangat yang ditambahkan madu sebelum tidur.

  1. Pisang

Kandungan magnesium yang terdapat pada buah pisang bermanfaat untuk mengendurkan otot-otot yang tegang, sehingga kamu bisa menjadi lebih tenang saat istirahat. Kemudian, kandungan triptofan pada pisang dapat meningkatkan produksi serotonin di otak. Serotonin memiliki fungsi yang menjadikan perasaan lebih tenang,  dan memperbaiki suasana hati. Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, cobalah untuk konsumsi pisang satu jam sebelum tidur.

  1. Buah Ceri

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Northumbria University menunjukkan bahwa minum jus ceri berjeni Montmorency akan meningkatkan durasi tidur 40 menit dari biasanya. Hal tersebut karena buah ceri memiliki efek meningkatkan melatonin dalam tubuh.

  1. Anggur

Jenis buah dari tanaman merambat ini juga mengandung melatonin. Makanlah beberapa butir anggur sebelum tidur malam untuk mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.

  1. Kacang Almond

Hhmm, beruntunglah kamu jika menyukai kacang yang satu ini. Selain bermanfaat untuk menstabilkan kadar gula dalam darah, ternyata kacang almond baik untuk relaksasi otot secara alami dan memudahkan seseorang untuk tidur.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *