Home / in-Health / Pilihan Makanan Agar Jantung Tetap Sehat
Pilihan Makanan Agar Jantung Tetap Sehat

Pilihan Makanan Agar Jantung Tetap Sehat

Seiring bertambahnya usia, seluruh kinerja organ dalam tubuh akan mengalami penurunan. Tidak heran jika beberapa penyakit degeneratif muncul yang biasanya berada pada usia-usia tertentu. Salah satunya adalah penyakit yang menyerang salah satu organ terpenting dalam tubuh, yaitu penyakit jantung. Penyakit jantung termasuk ke dalam kategori penyakit yang menyebabkan kematian tertinggi di Indonesia. Berhentinya fungsi jantung untuk memompa dan menyebarkan darah yang mengandung oksigen ke dalam tubuh ini juga sering di sebut dengan jantung koroner.

Tertutupnya aliran darah ke jantung oleh lemak bisa mengakibatkan seseorang dapat terserang jantung. Namun dalam penyakit jantung sendiri terdapat dua jenis jika dikategorikan berdasarkan tingkat penghambatan darah. Yaitu serangan jantung, dan angina atau biasa di sebut angin duduk. Jika tidak ditangani secara tepat dapat menyebabkan komplikasi yang akan menjadikan kinerja jantung menjadi menurun dan mengakibatkan kematian.

Beberapa faktor yang bisa memicu penyakit jantung adalah kolesterol tinggi, diabetes, merokok dan tekanan darah tinggi. Untuk mengantisipasi terserang salah satu penyakit jantung, anda bisa memanfaatkan beberapa pilihan makanan sehat yang baik untuk jantung.

  1. Sayuran dan buah-buahan

Tanpa bermaksud untuk mencegah penyakit jantung, tetapi sayuran dan buah-buahan seharusnya menjadi makanan yang wajib di konsumsi untuk menjaga serat dalam tubuh. Salah satu sayuran yang baik untuk jantung adalah bayam. Selain harga yang sangat terjangkau dan mudah di dapat, kandungan fitokimia, vitamin dan mineral pada bayam dapat membantu untuk memperkecil resiko terkena serangan jantung. Sedangkan buah-buahan yang dianjurkan untuk meminimalkan resiko terkena penyakit jantung adalah buah apel, beri dan delima merah.

  1. Biji-bijian

Berbagai macam biji-bijian dapat di konsumsi untuk menghindari penyakit jantung. Bahkan survey menunjukkan bahwa orang yang setiap harinya mengkonsumsi biji-bijian akan cenderung memiliki berat tubuh yang ideal dan memiliki resiko yang lebih rendah terkena serangan jantung. Anda bisa mengkonsumsi biji-bijian yang mengandung antioksidan, fitoestrogen, dan pitosterol yang bermanfaat untuk menjaga tubuh dari penyakit jantung.

Seperti sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Harvard menunjukkan orang yang mengkonsumsi diet tinggi serat memiliki resiko 40 persen lebih rendah terkena serangan jantung daripada mereka yang melakukan diet rendah serat. Serat yang terkandung dalam biji-bijian secara perlahan akan menurunkan kolesterol jahat (LDL). Biji-bijian yang bisa anda konsumsi untuk kebaikan jantung adalah gandum, jagung, dan beras merah.

  1. Kacang-kacangan

Kandungan vitamin, mineral, dan lemak tak jenuh adalah kandungan yang terdapat pada berbagai jenis kacang-kacangan. Untuk menyehatkan jantung, anda bisa konsumsi almond, hazelnut, kacang tanah, dan kacang hijau.

  1. Ikan salmon

Dengan mengkonsumsi 2-3 porsi ikan salmon setiap minggunya, anda telah menurunkan resiko penyakit jantung dalam waktu jangka panjang. Asal lemak omega-3 yang efektik untuk menurunkan tekanan darah serta membantu detak jantung lebih teratur

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *