Home / in-Health / Tips Alami Menghilangkan Bau Apek Pada Rambut
Tips Alami menghilangkan bau apek pada rambut

Tips Alami Menghilangkan Bau Apek Pada Rambut

Seorang ahli kulit kepala mengungkapkan bahwa, seseorang yang memiliki rambut berminyak  akan lebih rentan terkena bau yang diakibatkan oleh polusi yang berasal dari pencemaran lingkungan. Misalnya seperti bau asap atau debu, dan bau lainnya yang berasal dari lingkungan tempat tinggal. Sindroma tersebut diakibatkan karena terdapat kelenjar sebaceous yang menempel pada bagian folikel rambut. Karena hal tersebut sehingga rambut akan memproduksi minyak lebih banyak dari kondisi normal.

Tapi jangan khawatir mengenai hal tersebut, sebaiknya anda menilai kembali bagaimana pola perawatan rambut anda setiap harinya. Karena ada beberapa hal yang menyebabkan rambut menjadi bau apek yang perlu diketahui.

Penyebab umum rambut menjadi bau apek

  1. Jarang keramas

Jangan pernah lupa keramas setidaknya dua hari sekali. Dengan berkeramas, anda dapat menghindari lepek dan bau apek pada rambut. Selain itu dengan keramas anda dapat menghilangkan tumpukan keringat di kepala dan kuman yang bersarang di rambut.

  1. Keringat

Keringat yang keluar pada kulit kepala akan menghasilkan bakteri yang menyebabkan bau apek.

  1. Penutup kepala yang tidak bersih

Jika anda menggunakan tutup kepala, misanya hijab, topi, helm, dsb. Sebaiknya perhatikan kembali kondisi tutup kepala. Pastikan anda menggunakannya dalam keadaan bersih, tidak tertutup rapat, dan tidak lembab. Karena kondisi lembab dan tertutup rapat bisa menyebabkan rambut menjadi berbau apek karena kurangnya sirkulasi udara. Dan satu lagi, handuk yang anda gunakan jangan lupa untuk diperhatikan kebersihannya. Karena handuk yang kotor / jarang di jemur akan menyebabkan wangi shampoo pada rambut anda menjadi hilang seketika.

  1. Rambut basah

Hindari mengikat rambut atau menutup rambut dalam kondisi basah. Air yang masih tersimpan pada akar rambut akan menyebabkan rambut menjadi lembab.

Poin di atas merupakan beberapa penyebab yang seringkali dialami dan terlupakan sehingga menyebabkan rambut menjadi bau apek. Jika anda memiliki masalah pada aroma rambut, coba perhatikan lagi hal di atas. Kemudian sebagai solusi tambahannya, anda bisa mencoba hal berikut.

Cara alami menghilangkan bau tidak sedap pada rambut

Jeruk

Buah yang identik dengan vitamin C ini juga dapat digunakan sebagai penghilang bau tidak sedap pada rambut. Dengan mengiris / menumbuk kulitnya, kemudian di rebus, dan gunakan air rebusan tersebut sebagai pencuci rambut.

Tomat

Gunakan tomat yang telah dihaluskan / di blender sebagai masker rambut. Lekatkan pada rambut secara merata dan biarkan selama 30 menit sebelum anda mencuci rambut dengan shampoo. Kandungan pH yang tinggi pada tomat memiliki khasiat sebagai pengusir bau asam pada rambut.

Minyak Lavender

Setelah keramas dan mengeringkan rambut, pergunakan minyak lavender secara merata pada rambut dengan melakukan pijatan kecil di seluruh kepala. Hal ini karena minyak lavender memiliki kandungan anti bakteri dan jamur yang dapat mencegah infeksi pada kulit kepala.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *