Home / in-Health / Tips Kesehatan Untuk Mensiasati Bahaya Kabut Asap
Tips Kesehatan Untuk Mensiasati Bahaya Kabut Asap

Tips Kesehatan Untuk Mensiasati Bahaya Kabut Asap

Kebakaran hutan yang terjadi sejak beberapa minggu terakhir menjadi sebuah hal yang menakutkan. Bukan hanya dari segi materi, tetapi juga kesehatan dapat terancam jika tidak melakukan tindakan yang benar. Keterbatasan jarak pandang bisa menjadi sebuah barometer terhadap kadar asap yang terkandung pada sebuah daerah. Belum lagi faktor musim kemarau yang berkepanjangan menyebabkan kebakaran sulit dipadamkan, namun justru meluas. Tidak heran bila asap yang ditimbulkan sampai ke negara-negara tetangga.

Sebagai penanganan pertama dalam menghadapi kabut asap adalah tetap menjaga kesehatan. Karena banyak sekali dampak yang ditimbulkan terhadap kesehatan. Terutama terhadap saluran pernafasan. Untuk menyiasatinya, berikut beberapa tips kesehatan menghadapi kabut asap.

Tips Kesehatan Pada Saat Kabut Asap

  1. Gunakan Masker

Masker atau penutup hidung sangat membantu mengurangi polusi secara langsung yang diakibatkan oleh asap. Kandungan partikel yang terdapat pada kabut asap akan menimbulkan kerugian bagi kesehatan. Oleh karena itu, jangan lupa gunakan masker saat di luar ruangan.

  1. Kurangi intensitas di luar ruangan

Anda akan dapat merasakan dengan sendirinya dampak yang terjadi bagi tubuh karena adanya kabut asap kebakaran. Sesak nafas dan cepat merasa lelah akibat kurangnya asupan oksigen murni ke dalam tubuh menjadi gejal umum yang awalnya terjadi. Sebaiknya, kurangi aktivitas di luar ruangan. Jika anda bekerja atau beraktivitas di luar ruangan, gunakan masker sebagai penyaring udara yang terhirup oleh hidung.

  1. Perbanyak minum air putih

Kurangnya kadar udara bersih, tanpa anda sadari akan menjadikan organ tubuh bekerja lebih ekstra. Dengan memperbanyak minum air putih, selain dapat mengurangi dehidrasi, anda secara tidak langsung juga telah memberikan cadangan energi untuk tubuh jika anda harus menghadapi hal-hal yang tidak terduga.

  1. Menjaga kebersihan

Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan. Karena walaupun dalam bentuk kabut, namun partikel-partikel yang terbawa oleh angin bisa saja menjadi sebuah petaka bagi anda jika anda melupakan kebersihan. Kemudian pastikan untuk mencuci kembali makanan yang bersifat fresh pada saat akan di konsumsi. Misalnya seperti buah, minuman dingin, atau makanan dan minuman lainnya yang bersifat kontak langsung jika di konsumsi.

  1. Menjaga kebersihan udara dalam rumah

Jika kabut di rasa cukup tebal, usahakan untuk menutup pintu dan jendela agar asap tidak memasuki rumah. Kandungan asap yang masuk secara langsung akan mengendap dalam ruangan jika sirkulasi udara kurang baik, hal ini bertujuan agar polusi tidak dirasakan secara langsung saat di dalam rumah.

  1. Menutup penampungan air

Jangan lupa untuk memberikan penutup pada sumber air bersih yang digunakan sehari-hari agar tidak tercemar polusi yang terbawa bersamaan dengan asap dan angin. Selain itu ketika memasak, pastikan air yang anda masak benar-benar sudah dalam keadaan matang.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *