Home / in-Lifestyle / Beberapa Tanda Yang Timbul Pada Tubuh Ketika Stres
Beberapa tanda yang timbul pada tubuh ketika stres

Beberapa Tanda Yang Timbul Pada Tubuh Ketika Stres

Berbagai penyebab stres bisa memberikan efek secara langsung pada fisik. Bukan hanya bersifat kelelahan pada otak, tapi tubuh juga akan menunjukkan beberapa hal yang sebenarnya timbul karena stres. Selain akan mempengaruhi emosi dan mental, stres juga akan menyebabkan kondisi fisik menurun. Anda juga dapat menjadikan beberapa tolak ukur mengenai tingkatan stres yang sedang anda alami berdasarkan beberapa tanda fisik di bawah ini.

Rambut Rontok

Bila anda telah melakukan serangkaian perawatan rambut dengan tepat tetapi rambut tetap mudah rontok, bisa itu adalah pertanda bahwa anda sedang mengalami stres. Itu terjadi karena kadar hormon androgen ketika stres akan memberikan pengaruh terhadap folikel rambut dan membuatnya mudah rontok.

Jerawat

Salah satu bagian kulit yang paling sensitif adalah kulit wajah. Sama halnya seperti rambut, karena tingkat stres yang tinggi akan memproduksi kadar androgen melebihi batas normal yang menjadi penyebab timbulnya jerawat.

Sakit Perut

Ahli pencernaan mengungkap bahwa Sistim saraf pada otak dan usus adalah saling berkaitan, sehingga ketika terjadi stres secara mental ataupun emosional akan menimbulkan rasa sakit pada saluran pencernaan. Rasa mual dan sembelit akan muncul secara tibat-tiba sebagai respon tubuh saat mengalami stres. Cara terbaik untuk mengobati masalah sakit perut yang disebabkan faktor stres pada perut adalah rutin berolah raga. Dengan berolah raga akan meningkatkan kadar endorfin sehingga memberikan efek positif terhadap pikiran serta usus merasa lebih baik.

Kedutan di Sekitar Kelopak Mata

Kedutan yang terasa pada bagian kelopak mata dan terjadi dalam beberapa menit, sebenarnya itu efek yang ditimbulkan karena stres. Meskipun para ahli belum memastikan bahwa ini selalu karena stres, namun gejala kedutan di sekitar kelopak mata adalah hal paling umum yang sebagian besar dirasakan oleh mereka yang mengalami stres.

Timbul Ruam pada Permukaan Kulit

Stres yang berat perlahan akan menyebabkan sistim kekebalan pada tubuh menjadi menurun secara drastis. Dalam kondisi tersebut kulit akan rentan terhadap infeksi, kemudian akhirnya akan menyebabkan kulit menjadi ruam. Bagi anda yang memiliki riwayat terhadap permasalahan kulit, stres juga bisa menimbulkan masalah yang lebih serius pada kulit, seperti eksim.

Itulah beberapa tanda pada tubuh yang diperlihatkan ketika anda sedang mengalami stres. Dengan melakukan sejumlah penanganan yang intensif untuk dapat menemukan solusi pada permasalahan yang dihadapi, anda dapat melakukan manajemen stres dengan berkonsultasi oleh orang yang di rasa berkompeten dengan bidangnya, atau di rasa dapat membantu permasalahan yang sedang anda alami. Kemudian cara terbaik sebagai cara untuk menekan tingkat stres adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, istirahat yang cukup, rutin berolah raga dan mencari solusi dengan cara yang anda anggap efektif untuk menanganinya.

Sumber Gambar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *