Home / in-Lifestyle / Sisi Baik Dan Buruk Bekerja Oleh Keluarga
Sisi baik dan buruk bekerja oleh keluarga

Sisi Baik Dan Buruk Bekerja Oleh Keluarga

Anda biasanya akan melakukan berbagai cara untuk mendapatkan sebuah pekerjaan yang sesuai dengan impian. Salah satu cara yang sering dilakukan adalah memanfaatkan keluarga yang memiliki jabatan strategis dan mampu memberikan sebuah memo yang dapat membantu anda masuk ke dalam perusahaan tempatnya bekerja. Hal tersebut sah-sah saja bila dilakukan secara objektif, tapi tidak disarankan bila anda mendapatkan pekerjaan tersebut dengan cara yang mudah tanpa didasari skill yang sesuai atas jabatan yang harus anda jalani saat bekerja.

Meskipun secara prinsip akan berbeda-beda dalam setiap orang, namun cara ini memiliki baik dan buruknya. Terutama bila anda dengan mudah mendapatkan posisi yang cukup baik dan banyak di incar oleh para karyawan lainnya yang sudah lama bekerja di perusahaan tersebut. Anda bisa membayangkan apa yang akan terjadi kan?

Bagi anda yang memiliki rencana untuk bekerja di perusahaan keluarga atau dengan cara memanfaatkan keluarga sebagai orang dalam yang dapat membantu anda mendapatkan pekerjaan di perusahaan tempatnya bekerja, berikut beberapa hal sisi baik dan buruk yang mungkin akan terjadi.

Lebih diprioritaskan

Ya, ini sudah pasti. Memo yang telah diberikan sebelumnya oleh pihak keluarga kepada HRD akan menjadi sebuah nilai plus bagi anda. Yaitu lebih di prioritaskan saat proses seleksi. Selain itu anda akan merasa lebih diperhatikan pada saat wawancara hingga masuk kerja.

Di anggap mengetahui segalanya

Meskipun bukanlah perusahaan anda, tetapi anda akan di anggap lebih mengetahui mengenai apa yang sedang terjadi, rencana apa yang akan dilakukan, bahkan tidak tertutup kemungkinan jangan heran bila anda mendapatkan pertanyaan seputar manajemen perusahaan. Anda lebih di anggap orang pertama yang lebih mengetahui mengenai rencana perusahaan, baik itu jangka pendek maupun jangka panjangnya.

Pesaing terbesar

Anda akan di anggap pesaing terbesar bagi karyawan lainnya yang telah lama bekerja. Apalagi jika anda tidak dapat menyelesaikan sejumlah pekerjaan dengan baik, bisa jadi anda akan dijadikan bahan pembicaraan oleh orang-orang di sekeliling tanpa sepengetahuan anda. Secara perlahan kondisi ini akan menjadi boomerang bagi anda, karena anda di anggap bukanlah sebagai orang yang berkompeten di bidang yang sedang anda jalani saat ini.

Sulit dipercaya

Posisi anda sebagai keluarga secara langsung akan mempengaruhi diri anda untuk dapat berinteraksi lebih jauh dengan para karyawan lainnya. Hal ini disebabkan karena anda akan lebih di anggap sebuah ancaman yang berbahaya. Sehingga karyawan lainnya tidak akan bersikap terbuka mengenai sesuatu hal yang berhubungan dengan pekerjaan. Mereka takut bahwa anda akan menyampaikan sesuatu yang didengarnya secara langsung dari para karyawan dan kondisi tersebut pastinya akan mengancam posisi mereka di perusahaan.

Sumber Gambar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *