Home / in-Travel / 5 Trik Agar Tidak Mabuk Perjalanan Selama Di Mobil
Trik agar tidak mabuk perjalanan selama di mobil

5 Trik Agar Tidak Mabuk Perjalanan Selama Di Mobil

Menempuh perjalanan panjang menggunakan mobil dapat memberikan pengalaman tersendiri, apalagi bila sepanjang perjalanan yang anda lalui tersaji pemandangan yang indah. Pengalaman ini sering menjadi alasan utama mengapa banyak orang yang justru menyukai melakukan perjalanan melalui jalan darat. Selain itu menggunakan mobil juga dapat menjadikan biaya lebih efisien dan lebih praktis karena anda dapat bebas melakukan sejumlah rencana kunjungan selama perjalanan.

Bagi anda yang sering mabuk perjalanan tentunya hal ini menjadi sangat menyebalkan. Bahkan anda akan merasa nervous lebih awal sebelum perjalanan dilakukan, karena takut merasakan mabuk saat perjalanan. Oleh sebab itu, untuk mengantisipasi mabuk perjalanan, simak beberapa tips di bawah ini.

  1. Jangan Biarkan Perut Kosong

Penyebab terjadinya mabuk perjalanan yang paling utama adalah kondisi perut yang kosong. Sebaiknya isi perut anda secukupnya agar anda dapat memiliki cadangan energi saat menempuh perjalanan.

  1. Mencari Posisi Duduk Yang Tepat

Setiap kendaraan memiliki tingkat kenyamanan yang berbeda-beda, baik itu mobil berkelas sedan atau SUV. Pemilihan posisi duduk yang tepat akan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan anda, serta supaya tidak mengalami mabuk perjalanan. Anda dapat memiliki kursi di bagian depan sebelah supir, atau di bagian tengah. Hindari tempat duduk yang posisinya tepat berada di bagian roda (kursi paling belakang). Kursi bagian belakang sebagian besar memiliki tingkat kenyamanan yang kurang mendukung bagi pemabuk, apalagi ketika medan jalan yang di lalui kurang baik. Guncangan karena lubang atau trek jalan yang buruk akan berdampak pada perut yang kemudian akan menimbulkan rasa mual.

  1. Posisi Tubuh Tegak

Saat melewati medan jalan yang berkelok atau berlubang, dengan posisi menyandar dan rileks usahakan posisi tubuh anda tetap tegak. Terutama pada bagian kepala dan perut. Percaya atau tidak, efek mual dapat dihindari dengan cara ini, kepala dan perut akan memberi pengaruh besar terhadap kenyamanan anda. Hindari posisi duduk yang miring, melipat, atau posisi kepala ke arah bawah.

  1. Hindari Makanan Pedas Dan Alkohol

Makanan pedas dan minuman yang mengandung alkohol akan membuat perut menjadi kembung. Selama perjalanan justru anda akan lebih mudah merasa mabuk ketika perut dalam kondisi kembung. Sebagai solusinya, sebaiknya anda minum air mineral atau bisa juga mengkonsumsi jeruk. Aroma dan kandungan vitamin C pada jeruk dapat membantu tubuh untuk tetap fit sehingga anda tetap nyaman selama perjalanan.

  1. Biarkan Udara Segar Masuk Ke Dalam Kabin

Bila ada merasa sudah tidak tahan lagi karena merasa mabuk, anda bisa istirahat sejenak untuk memulihkan sedikit tenaga dan kondisi anda. Namun bila tidak memungkinkan untuk istirahat, bukalah kaca jendela mobil anda dan biarkan udara segar masuk ke dalam kabin. Sirkulasi udara segar dapat membuat kondisi tubuh lebih baik saat merasa mabuk perjalanan.

Sumber Gambar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *