Home / in-Travel / Jauhkan Serangga Dari Area Piknik Anda
LaHabra-Apartments-SummerConcerts

Jauhkan Serangga Dari Area Piknik Anda

Piknik merupakan salah satu jenis liburan yang paling diminati oleh keluarga Indonesia. Menyantap makanan bersama, menikmati pemandangan alam sambil menghirup segarnya udara pegunungan hingga bermain bersama anggota keluarga. Namun ada hal yang harus diwaspadai ketika anda sedang menikmati kegiatan yang umumnya dilakukan di area terbuka ini, terutama masalah serangga. Jangan sampai agenda piknik anda bersama keluarga terganggu oleh serbuan serangga. Ikuti tips dibawah ini agar serangga segan mendekati area piknik anda.

  1. Jangan Letakkan Makanan Manis di Wadah Terbuka

Semut sangatlah peka terhadap aroma manis. Sedikit saja anda lengah, serangga tersebut pasti sudah menyerang makanan anda yang beraroma manis. Ada baiknya hindari membawa makanan yang disukai semut seperti sirup, gula-gula dan susu kental manis. Simpanlah makanan tersebut dalam wadah tertutup kedap udara jika anda tetap ingin membawanya. Pastikan wadah tersebut tertutup rapat kembali setelah ada yang membukanya. Cara ini dirasa efektif untuk mencegah serangga “mampir” di makanan anda.

  1. Hindari Penggunaan Warna Terang Dan Motif

Meskipun sebenarnya mereka kurang bisa melihat warna, serangga biasanya tertarik pada warna-warna terang seperti merah, jingga, kuning dan oranye. Serangga juga mudah tertarik pada barang bermotif bunga dan buah. Hindari mengenakan pakaian dan membawa barang-barang yang berwarna terang dan bermotif bunga. Hindari juga memakai pewangi yang terlalu mencolok dan beraroma manis seperti cokelat dan vanilla.

  1. Jagalah Kebersihan

Bersihkan selalu sisa-sisa makanan yang terjatuh ataupun tumpah ke area piknik anda. Segera buang bungkus-bungkus makanan ke tempat sampah. Jangan biarkan serangga menyadari bahwa anda memiliki “makanan” yang mereka sukai.

  1. Buat Pembatas Di Sekeliling Area Piknik Anda

Jika anda pernah berkemah pada acara pramuka, pastinya anda pernah menaburkan garam disekeliling tenda kemah. Hal tersebut berfungsi untuk menangkal kedatangan hewan melata seperti ular. Begitu pun dengan serangga, taburkan kapur atau talc yang biasanya digunakan untuk mengusir serangga. Selain itu sabun juga bisa dignakan sebagai “pagar pembatas”. Caranya, oleskan sabun disekeliling area makan anda karena sabun juga berfungsi untuk memecah lapisan lilin yang ada di rangka luar semut sehingga bisa mengakibatkan dehidrasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *