Home / in-Travel / Keindahan Yang Tersimpan di Balik Geopark Ciletuh
Keindahan Yang Tersimpan di Balik Geopark Ciletuh - Curug Sodong

Keindahan Yang Tersimpan di Balik Geopark Ciletuh

Daerah Ciletuh membentang di mulai dari sebelah Selatan hingga timur Sukabumi, Jawa Barat. Jika di tinjau secara geologi sebenarnya Ciletuh termasuk pada jalur pegunungan selatan yang sebagian besarnya adalah batuan. Ciletuh dikatakan sebagai taman bumi atau geopark karena sebagian besar bebatuan yang ada sudah sangat tua, bahkan bisa dikatakan paling tua untuk untuk di daearh Pulau Jawa. Faktor tersebut menjadi sebuah alasan mengapa Ciletuh adalah salah satu taman bumi yang paling langka dan unik.

Mungkin masih banyak yang belum mengenal keindahan yang tersaji di Geopark Ciletuh. Bebatuan yang ada mayoritas jenis bebatuan kapur yang telah berumur 55 juta hingga 65 juta tahun lalu. Alam yang memproses menciptakan beberapa kandungan yang menjadi daya tarik sendiri bagi Ciletuh. Pemandangan yang menggambarkan garis kerak bumi yang berbeda sifat karena tersusun dari bebatuan yang berasal dari lempeng samudera dan benua.

Kondisi medan jalan yang sempit dan terjal, serta terdapat beberapa titik jalan yang mengalami kerusakan menjadikan akses menuju ke kawasan Ciletuh yang memiliki jarak tempuh 135km dari Kota Sukabumi ini sangat jauh. Sebenarnya banyak destinasi yang menarik di Ciletuh, seperti air terjun, pemandangan lepas pantai, dan pastinya menyaksikan keindahan garis lempengan dari ketinggian taman bumi yang ada di dataran bagian bawan Ciletuh. Sebagai salah satu kawasan yang sedang dijadikan daya tarik tempat wisata di Sukabumi, Geopark Ciletuh saat ini tengah dikelola oleh Paguyuban Alam Pakidulan Sukabumi (PAPSI) di bawah binaan PT.Biofarma dan Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi.

Spot Menarik di Geopark Ciletuh

Jika anda menyukai trip dengan nuansa berpetualang, banyak tempat menarik yang akan di jumpai sepanjang Geopark Ciletuh. Terutama curug / air terjun, pantai, dan puncak perbukitan.

– Panenjoan

Panenjoan terletak di atas bukit, terdapat lembah hijau dengan sawah yang luas membentang diantara lembah. Terlihat juga samudera yang membentang di kejauhan yang dibatasi oleh tebing-tebing yang berbentuk melengkung dan menghadap ke laut, terlihat mirip sekali seperti sebuah teluk.

– Curug Awang

Aliran air dari Curug Awang bukanlah berasal dari puncak bukit, namun berasal dari aliran sungai Ciletuh yang membentuk patahan dan membelah bukit. Warna airnya yang cokelat disebabkan karena tanah yang terbawa oleh arus air. Curug Awang memiliki letak yang paling tinggi daripada curug lainnya yang lokasinya tidak begitu jauh.

– Curug Sodong

Curug Sodong memiliki Curug lagi yang berada beberapa meter dari bagian atasnya, yaitu Curug Cikanteh.

– Puncak Darma

Puncak Darma menjadi lokasi tertinggi yang bisa dijadikan tempat untuk melihat pemandangan sawah nan hijau dan lengkungan Teluk Ciletuh yang terlihat seperti tapal.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *