Home / in-Travel / Tips Mendaki Gunung Di Saat Musim Hujan
Tips mendaki gunung di saat musim hujan

Tips Mendaki Gunung Di Saat Musim Hujan

Bagi pecinta alam, merasakan sensasi di tengah-tengah alam bersama keindahannya merupakan hal yang selalu dimimpikan setiap saat. Karena dengan melakukan hal tersebut akan merasakan suatu perasaan yang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata. Namun satu yang akan dirasakan saat anda berada di puncak gunung dengan keindahan yang tersaji disana, yaitu perasaan ‘kecil’. Yup, kita bukanlah apa-apa bila dibandingkan dengan alam semesta yang merupakan ciptaanNya.

Bila anda termasuk seseorang pecinta alam, terutama baru jatuh cinta terhadap keindahan perjalanan sepanjang jalan saat mendaki gunung, berikut ada beberapa tips yang perlu di ingat kembali sebelum melakukan pendakian.

Pastikan Telah Mempersiapkan dan Membawa Kebutuhan

Persiapan yang matang adalah kunci yang paling utama dalam mendaki. Karena anda tidak dapat memprediksi kondisi yang bisa terjadi selama pendakian. seperti faktor cuaca, suhu, hingga kondisi tubuh yang bisa saja tiba-tiba drop di tengah perjalanan. Apalagi saat musim juga, bisa dipastikan anda akan menghadapi cuaca yang cenderung lebih menantang bila dibandingkan saat musim panas. Maka dari itu, pastikan bahwa anda sudah membawa segala kebutuhan untuk selama perjalanan.

Ketahui Informasi Mengenai Prediksi Cuaca

Manfaatkan fitur aplikasi cuaca melalui smartphone, anda akan lebih siap karena telah mendapatkan gambaran mengenai kondisi atau prediksi cuaca yang akan berlangsung.

Gunakan Boots Kedap Air

Untuk menghindari medan perjalanan yang ekstrim, sebaiknya gunakan sepatu boots yang kedap air untuk memberikan dan melindungi kenyamanan pada telapak kaki anda.

Hindari Membawa Barang Berlebihan Selama Pendakian

Untuk lebih menghemat stamina selama pendakian, hindari membawa barang secara berlebihan. Pastikan bahwa barang-barang yang di bawa adalah semua barang kebutuhan selama pendakian. Untuk mencegah masuknya air ke dalam tas, sebaiknya jangan lupa untuk melapisi tas dengan kantong kedap air. Memanfaatkan kantong kedap air akan membuat anda lebih merasa aman tanpa perlu khawatir masuknya air ke dalam tas karena terjadi hujan selama pendakian.

Manfaatkan Trekking Pole Sebagai Tumpuan Selama Perjalanan

Trekking pole yang bentuknya mirip tongkat yang digunakan sebagai tumpuan ketika berjalan sangat bermanfaat untuk digunakan saat mendaki gunung. Terutama saat musim penghujan. Karena medan yang licin, bebatuan cadas yang sulit dipercaya, serta tumpuan tubuh yang semakin lemah dapat di bantu dengan memanfaatkan trekking pole. Sebagai alternatif trekking pole, anda bisa memanfaatkan ranting pohon yang kokoh sebagai penggantinya.

Hindari Jalur Yang Beresiko

Selama pendakian, jangan lupa untuk tetap fokus memperhatikan medan dan jalur yang akan di lalui. Dengan mempelajarinya lebih dulu, anda telah meminimalkan terjadinya hal yang membahayakan diri. Misalnya seperti terpeleset, atau tersasar. Sebaiknya, pastikan bahwa jalur yang anda tempuh adalah benar dan aman untuk di lewati.

Itulah beberapa tips mendaki gunung saat musim hujan. Jangan lupa untuk tetap berhati-hati, dan jangan memaksakan diri untuk terus mendaki ke puncak bila kondisi cuaca tidak bersahabat.

Sumber Gambar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *